7 Telaga Terindah di Dieng

Dieng memilki sejumlah telaga terindah yang menjadi daya tarik wisatawan, tak sedikit pelancong menghabiskan waktu untuk menikmati 7 pesona telaga ini. Taukah Anda ke 7 telaga terindah di Dieng itu ? simak ulasanya berikut.

Dieng terkenal akan keberagaman wisata alamnya. Ada banyak telaga-telaga cantik yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Dieng bersama sanak family. Jangan heran, meskipun Dieng merupakan daerah pegunungan disana banyak telaga-telaga dengan air melimpah dan indah di pandang mata bahkan menjadi tujuan wisata utama Dieng Plateau. Berikut 7 daftar telaga Dieng terindah yang wajib dikunjungi.
  • telaga warna

    Telaga Warna

    Telaga Warna adalah telaga cantik di Dieng yang mempunyai karakteristik berbeda. Telaga ini memancarkan aneka perpaduan warna seperti warna hijau, biru, kuning, silver dan coklat. Warna-warna ini terjadi karena adanya pantulan sinar matahari ke permukaan air telaga yang mengandung belerang. Telaga Warna terbentuk akibat air yang terpanaskan dari dasar bumi makanya masih ada gelembung-gelembung gas mengandung belerang di permukaan air telaga. Ada beberapa spot menarik untuk melihat Telaga Warna yakni dari Bukit Sidengkeng dan dari Batu Pandang Dieng.

  • telaga pengilon

    Telaga Pengilon

    Telaga Pengilon merupakan telaga pasangan dari Telaga Warna. Karena letaknya yang berdekatan telaga ini sering disebut sebut telaga kembar. Telaga Pengilon memiliki air jernih tidak mengandung belerang. Dinamakan Telaga Pengilon, konon katanya karena sangat airnya sangat jernih banyak orang-orang datang untuk melihat kepribadian dengan cara ngilo atau bercermin di permukaan air Telaga Pengilon. Jika seseorang memiliki paras bagus dan ternyata setelah bercermin di Telaga Pengilon terlihat buruk maka kepribadian seseorang tersebut tidaklah bagus dan sebaliknya.

  • telaga cebong

    Telaga Cebong

    Telaga Cebong adalah salah satu telaga Dieng yang terletak paling tinggi yakni berada di Desa Sembungan. Telaga Cebong berada tepat di kaki Bukit Sikunir makanya banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi telaga yang satu ini. Dahulu banyak kecebong yaitu anak katak di Telaga ini jadi penduduk setempat menamai telaga ini sebagai Telaga Cebong. Jika dilihat dari Bukit Sikunir bentuk Telaga Cebong memang sangatlah mirip dengan bentuk anak katak/kecebong.

  • telaga menjer

    Telaga Menjer

    Telaga Menjer sebagai obyek wisata andalan di Wonosobo/Dieng. Telaga ini berada dekat dengan pusat Kota Wonosobo dan tepat di balik pegunungan Dieng. Telaga Menjer berada memiliki luas kurang lebih 70 hecter dan memiliki kedalaman kurang lebih 40 meter. Tealga ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Saat mengunjungi Telaga Menjer para wisatawan dapat memanfaatkan perahu-perahu tradisional yang di buat oleh penduduk setempat khusus untuk menikmati panorama Telaga Menjer.

  • telaga balekambang

    Telaga Balekambang

    Telaga Balekambang telaga yang terletak tepat di tengah-tengah area Dieng Plateau ini menjadi jantung masyarakat orang Dieng. Selain untuk kegiatan pariwisata Telaga Balekambang di manfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sumber pengairan utama pertanian kentang saat musim kemaru mulai tiba. Telaga Balekambang terletak ke dalam wilayah Komplek Candi Arjuna jadi sangatlah mudah untuk menjangkaunya.

  • telaga merdada

    Telaga Merdada

    Terlaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat mengunjungi telaga ini. Telaga Merdada berada tepat di tengah-tengah lahan kentang di samping Bukit Pangonan makanya Anda bisa langsung menyaksikan aktifitas para petani kentang yang sedang berladang disawah-sawah mereka sambil melihat keindahan Telaga Merdada yang terhampar luas.

  • telaga dringo

    Telaga Dringo

    Pemandangan alam liar, pepohonan cemara yang masih rimbun serta pegunungan tampak berderetan menjadi landscape utama di Telaga Dringo. Telaga Dringo merupakan salah satu telaga yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Telaga ini memang berada jauh dari pusat obyek wisata utama Dieng karena terletak di zona 2. Telaga Drigo sangatlah cocok untuk mengisi waktu liburan Anda ke Dieng untuk camping atau sekedar piknik.